UKM Rohis Sebagai LDK Menyatukan Visi dalam Pelantikan dan Lokakarya Insani 2015

IMG_1492

Insani menyelenggarakan pelantikan seluruh kader kerohanian islam (rohis) se Undip dan lokakarya 2015. Acara ini berlangsung di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Jum’at (3/4/2015) mulai pukul 07.30 hingga 11.00 untuk pelantikan, kemudian dilanjutkan dengan lokakarya pukul 13.00 yang dibagi beberapa cluster sesuai kesamaan fungsi. Dalam rangkaian kegiatan ini undangan yang hadir merupakan seluruh pengurus rohis se-Undip baik di tingkat universitas, fakultas hingga jurusan. Seluruh pengurus rohis ini berkumpul untuk menyatukan visi dakwah kampus selama setahun ke depan.

Para peserta Pelantikan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se-Undip mulai berdatangan ketika waktu mulai menunjukkan pukul 07.30 menuju Aula gedung F FKM Undip. Peserta yang datang merupakan seluruh insan LDK yang menjadi pengurus rohis mulai dari Pengurus Harian (PH) hingga staff di tingkat universitas maupun fakultas dan para pengurus harian atau perwakilan dari rohis jurusan. Alvis Kurniawan selaku ketua panitia Pelantikan dan Lokakarya kali ini memaparkan bahwa rincian peserta adalah seluruh pengurus dari satu LDU, dua belas Lembaga Dakwah Fakultas (LDF), dan 23 Lembaga Dakwah Jurusan (LDJ).

Setelah aula mulai terpenuhi oleh para peserta, acara pun dibuka pada pukul 08.00 dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan-sambutan. Ketua Panitia Alvis Kurniawan memberikan sambutan pertama yang diikuti sambutan dari Budi Kusuma Putra selaku Mas’ul Insani 2015. Seusai sambutan, Mas’ul Insani Budi Kusuma Putra kembali ke panggung untuk pengarahan dan pemaparan visi-misi LDK Insani 2015.
“Diharapkan seluruh rohis di sini sebagai satu LDK Undip dapat bersinergi bekerja selaras,“ ujar Budi dalam pemaparannya.

Selanjutnya tak kalah istimewa, Nur Ali Hidayat sebagai ketua Badan Pengelola Mentoring Agama Islam (BPMAI) Undip memberikan penjelasan tentang gebrakan mentoring tahun ini. “Mentoring Tahun ini adalah mentoring yang menginspirasi,” tutur Ali tentang gebrakan mentoring sebagai inspirasiku.
“Di tahun ini mentoring melalui BPMAI mengusung tema inspirasi, yang mana mentoring sebagai inspirasi dengan pementor sebagai rumah inspirasi bagi para mentee,” lanjut mahasiswa Ilmu Keperawatan itu.

Setelah serangkaian pendahuluan dan pengarahan, Pelantikan sampai di puncaknya yaitu pembacaan ikrar seluruh kader rohis se-Undip. Ikrar dibaca oleh seluruh peserta, menguatkan dan menyatukan visi untuk satu universitas. Seusai pembacaan ikrar, kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama LDK Undip. Sesi foto berlangsung di halaman depan Fakultas Kedokteran hingga pukul 11.00 atau sebelum jeda untuk sholat Jum’at.
IMG_1481Rangkaian kegiatan Lokakarya dilanjutkan pukul 13.00 di gedung B FKM dengan peserta seluruh fungsio LDF. Lokakarya dibagi beberapa cluster yang dibagi berdasarkan kesamaan fungsi departemen. Tiap cluster menempati satu ruang kelas di lantai dua dan tiga gedung B FKM. Untuk lantai dua digunakan dua ruang kelas untuk cluster kaderisasi dan cluster mentoring. Sementara di lantai tiga digunakan untuk cluster ekobis/entrepreneur, cluster kemuslimahan/annisa, cluster syiar/humas/media dan cluster PH/non departemen.
“Jadi dengan diadakannya Lokakarya ini, setiap departemen rohis fakultas membuat arahan kerja yang dapat disamakan dengan instruksi dari Insani,” pungkas Alvis.

Diskusi yang dibagi tiap cluster selesai pukul 15.00 untuk jeda sholat ashar. Setelah sholat peserta kembali ke aula gedung F untuk mendengarkan resume dari tiap cluster. Dan sehabis dibacakannya seluruh resume oleh masing-masing ketua departemen insani, berakhirlah serangkaian kegiatan Lokakarya 2015. Namun sebelum ditutup, Mas’ul Insani Budi Kusuma mempersembahkan pembacaan puisi Meniti Jalan Dakwah. Kemudian acara resmi ditutup pada pukul 17.00.

Meski acara secara keseluruhan berlangsung baik, tetapi kegiatan Insani kali ini juga masih terdapat kekurangan untuk dievaluasi.
“Untuk Lokakarya kali ini masih terdapat miss komunikasi, dimana seharusnya peserta yang hadir merupakan semua pengurus LDF namun kenyataannya, hanya PH saja yang hadir. Dan selain itu untuk sesi pengambilan foto seharusnya tempatnya tidak jauh dari lokasi acara pelantikan. Dan juga masalah waktu juga masih molor atau mundur dari waktu yang dijadwalkan,” ujar Alvis untuk evaluasi Pelantikan dan Lokakarya Insani 2015.

IMG_1472IMG_1488

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *